December 2, 2013

Penyebab Rusaknya Motherboard PC

Motherboard

Motherboard adalah komponen penting dari sebuah komputer, ibarat sebuah tulang, motherboard berfungsi untuk menghubungkan semua komponen pada PC sehingga dapat digunakan untuk bekerja. Apakah yang dapat menyebabkan rusaknya motherbard pada PC?

Gejala rusaknya motherboard biasanya ditandai dengan masalah umum seperti :

  • Komputer tidak bisa menyala
  • Komputer menyala tapi tidak menampilkan apapun
  • Sering terjadi blue screen
  • Sering hang / terhenti tiba-tiba

Akan tetapi sebelum memutuskan motherboard anda rusak, anda harus memeriksa hal-hal berikut terlebih dahulu :

1. Pasokan Listrik

Pasokan listrik yang tidak cukup atau tidak stabil dapat membuat komputer tidak menyala, anda harus memastikan pasokan arus listrik tidak sedang bermasalah.

2. Monitor / LCD

Periksa apakah monitor anda terhubung dan bekerja dengan baik. Bisa jadi kabel-kabel monitor anda belum terpasang dengan baik, atau bahkan belum dihidupkan. :D

3. Kabel Power

Hal sederhana seperti ini dapat membuat diagnosa anda terhadap rusaknya motherboard salah besar. Tidak ada salahnya cek kabel power terlebih dahulu.

4. Komponen lain

Coba lepaskan semua komponen sampai hanya tersisa Motherboard, CPU, dan RAM. Kemudian coba hidupkan. Biasanya komponen yang juga rentan akan kerusakan adalah Harddisk. Untuk mengetes kerusakan pada CPU dan RAM, anda harus mencobanya di motherboard lain yang masih berfungsi.

Setelah hal-hal umum diatas telah dilakukan, anda dapat menyimpulkan motherboard anda rusak !

Apa yang bisa menyebabkan kerusakan pada motherboard?

1. Debu dan kawan-kawan

Casing yang kotor dan banyak debu biasanya menjadi masalah besar, partikel lain seperti kencing/kotoran tikus, telur kecoak dan hal-hal aneh lainnya. Biasakan mengecek kebersihan komponen PC secara berkala.

2. Lonjakan arus listrik

Meski agak jarang terjadi lonjakan arus listrik seperti tersambar petir dapat merusak komponen PC, terutama motherboard.

3. Kerusakan Fisik

Terjatuh, tergores, terkena air adalah kerusakan fisik yang bisa terjadi. Berhati-hatilah saat mereparasi dan bekerja dengan komputer. Motherboard sebenarnya bisa di cuci asal dalam keadaan tidak terhubung ke listrik. dan dapat digunakan lagi saat benar-benar kering.

4. Suhu

Walau lebih sering terjadi pada processor, suhu yang terlalu panas dapat menyebabkan rusaknya komponen motherboard. Pastikan dalam casing terdapat aliran udara yang cukup.

5. Umur

Hal terakhir yang sering disalahkan adalah umur usia pemakaian, tidak ada komponen komputer yang bisa terus bekerja dengan baik selama bertahun-tahun.

Ingin lebih mendalami tentang kerusakan motherboard bahkan mencoba memperbaikinya sendiri? Coba cek ebook yang satu ini :

Motherboard repair

No comments :

Post a Comment

Kritik? Saran? Pertanyaan? Sharing? Mari berbagi di Form Komentar !
Mohon untuk tidak mencantumkan Link dalam form komentar.
Komentar Spam tidak akan ditampilkan.
Mohon maaf jika komentar tidak langsung dibalas.